Skip to content

Kecanduan Sedekah, Komunitas Luhur Para Ibu

September 4, 2016

bpk

 

Bapak tua itu tersenyum girang saat menerima sepiring nasi. Matanya selintas berkaca-kaca. “Semoga Tuhan membalas kebaikan kalian,” katanya.

Ia lalu duduk di bangku plastik, meletakkan pikulannya, kemudian mulai melahap nasinya. Kebahagiaan memancar dari wajahnya yang tampak letih.

Sepiring nasi, tentu dengan lauk-pauk, itu pemberian dari para ibu yang tergabung dalam komunitas Kecanduan Sedekah.

Mereka menggelar prasmanan di depan Stasiun Depok Baru, siang tadi. Menunya lengkap, mulai dari nasi, ayam, tempet, sayur, kue,  buah, hingga kerupuk.

“Kami menyediakan sekitar 500 porsi untuk prasmanan hari ini,” kata Ari Sumirah, satu dari ibu berhati mulia tersebut.

Makanan sebanyak itu hasil keroyokan bareng. Ada yang menyumbang nasi, memasakkan sayur, ada juga yang membawa buah. “Beda-beda,” Ari melanjutkan.

Ada juga yang menyumbang dalam bentuk uang. Selain digunakan untuk memberi makan kaum dhuafa, uang tersebut juga disalurkan ke anak yatim piatu.

Menurut Ari, kegiatan memberikan makan secara gratis ini rutin mereka lakukan delapan kali dalam sebulan. Lokasinya berpindah-pindah di seputaran Depok.

“Kami mencari lokasi yang banyak kaum dhuafanya,” katanya. “Biasanya kami bawa nasi bungkusnya pakai motor. Tapi kali ini kami adakan secara prasmanan.”

Acara ini cukup ramai dikunjungi. Mulai pengemis, abang becak, tukang ngamen, hingga pedagang asongan berdiri antri menanti sepiring nasi.

Ya, hanya sepiring nasi. Kalau dirupiahkan nilainya mungkin tak sampai Rp 20 ribu. Namun kebahagiaan yang mungkin dirasakan para ibu itu pastilah jauh melampaui dua lembar sepuluh ribuan.

Sebab kebahagiaan tertinggi, begitu kata orang bijak yang namanya saya lupa, adalah ketika kita mau berbagi, ketika kita mau mengulurkan tangan, meskipun tangan itu kosong :p

Berbagi juga bentuk paling real dari bersyukur. Sebab, jika rasa syukurmu tidak menggerakkanmu untuk berbagi kepada sesama, maka rasa syukur itu palsu..

_DW_

 

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: