Skip to content

Salah Arah

September 21, 2015

Saya pikir ini hari Kamis, ternyata Senin. Ini bukan pertamakalinya saya keliru hari. Bahasa kerennya: disorientasi waktu. Konon, pemicunya adalah kelebihan beban kerja.

Kerjaan banyak, sementara tenggat waktunya tipis, cenderung membuat orang bekerja lupa waktu, bahkan juga lupa pada apa yang dikerjakannya.

Suka mendadak disconnect. Mirip koneksi internet yang tiba-tiba terputus. Bukan hang, hanya terputus. Kalau kamu pernah tersesat di Planet Krypton, seperti itu kira-kira rasanya.

Saya belum pernah mengkonsultasikan ini ke dokter. Sebab, selama masih lupa hari, tidak sampai lupa diri, apalagi lupa istri, saya pikir masih dalam rentang toleransi.

Mungkin juga ini salah satu efek dari stroke yang membuat saya terpaksa menghabiskan malam demi malam di rumah sakit, dengan tetes-tetes impus, berapa bulan lalu.

Sebab, stroke katanya menyerang beberapa syaraf, membuat otak tak lagi bekerja sebagaimana otak orang lain bekerja. Maaf, saya enggan membayangkan kemungkinan ini.

Sebab, dokter bilang, saya masih normal. Jadi masalah disorientasi waktu ini saya simpan dulu. Sebab, sangat mungkin ini hanya efek istri..ups maaf..maksudnya tanggal tua.

Oya, selain sering disorientasi waktu, saya juga punya disorientasi lain, yakni disorientasi arah. Ini saya sadari ketika saya beberapa kali salah menghadap kiblat.

Teman saya sampai pernah ada yang bilang, “Kemampuan geospasialmu payah, payah, payah!” Dia benar, saya memang benar-benar payah soal ini.

Tapi, untungnya, Tuhan ada di mana-mana. Jadi, kemanapun saya menghadapkan wajah, saya tidak pernah kehilangan wajahNya.

Jadi, sejatinya, saya tidak pernah benar-benar kehilangan arah. Karena…

Tuhan di mana-mana
tanpa perlu ke mana-mana
Tuhan hadir
tanpa perlu ada
Tuhan berpindah
tanpa bergerak
Ia di sini
di sana
di depan
di belakang
di atas
di bawah
dalam satu waktu
karena Tuhan cuma satu.

_DW_

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: