Skip to content

Ngopi Tak Meski Pahit

June 29, 2015

Kata orang, minum kopi yang benar itu tanpa gula. Pahit memang, tapi di situlah nikmatnya. Aneh ya, pahit kok nikmat? Begitulah. Maka, demi meminum kopi secara benar, saya pun berulangkali minum kopi minus gula.

Salah satunya saat acara #ngipidikantor saat berbuka tadi. Saya memesan kopi tubruk. Mas Eko, sang barista, berpesan, “Tunggu empat menit, jangan diaduk, biarkan kopinya turun sendiri.”

Saya ikuti sarannya. Dua menit berlalu. Butir-butir kopi perlahan larut menjadi buih coklat yang menutupi permukaan cangkir. Tak lama kemudian buih coklat itu berguguran, menyibakkan wajah kopi sesungguhnya yang hitam pekat.

Inilah saat paling pas untuk menyeruputnya. Saya berharap pahit kali ini akan berbeda, pahit yang nikmat, seperti yang dikatakan orang-orang. Namun, sekali lagi, saya keliru.

Cukup satu tegukan untuk membuat leher saya tercekik. Pahitnya itu, seperti rasa jamu godok bikinan ibu! Seharusnya saya sadar, pahit tak punya makna lain selain pahit.

Kita bisa menyebut tawar jika kopi yang kita teguk kurang gula. Tapi kita tak pernah meminta tambahan kopi jika kopi kita kurang pahit. Sebab, rasa pahit tak memiliki spektrum.

Maka, dengan segala maaf kepada barista, saya terpaksa mencampurnya dengan gula. Barangkali, saya memang belum sampai ke maqam penikmat kopi sejati.

Tapi tak apalah. Karena pada ahirnya, ini soal bagaimana kita menikmati kopi, bukan benar atau salah penyajiannya.
Dan kopi selayaknya dinikmati, bukan diperdebatkan.

DW

Baca Juga:

Cuma Anak Kecil, Bukan Anak Nakal
 
Al Quran Lain Milik Syiah
Kemanapun Itu Tuhan Tahu
Ketika Subuh Selalu Molor
Tausiah Nasi Kuning
Penghianat Takdir
Deru Buldozer di Teras Kabah

No comments yet

Leave a Reply

