Skip to content

Tuhan, Saya Tidak Kenal..

May 10, 2013

sumber foto: thegoodnessgrows.com

sumber foto: thegoodnessgrows.com

“Ketahuilah, azab-Nya sangat pedih!” suara khatib Jumat siang tadi masih terngiang di telinga. Intonasinya mengingatkan saya pada film G30S PKI ketika para penculik itu berkata, “Darah itu merah, Jenderal..”

Sepanjang 20 menit berkutbah, 15 menit di antaranya berisi ancaman buat para pendosa. Ayat-ayat azab dipaparkan. Saya tercenung. Beginikah Tuhan harus dikenal: Sang Pengadil dengan kedua tangan memegang cambuk?

Saya jadi merinding. Cukuplah saya dicekoki dengan kengerian neraka dengan semua jenis siksa di dalamnya. Saya ingin beragama bukan karena rasa takut akan semua itu, tapi karena ingin menemukan kedamaian di dalamnya.

Karena itu saya lebih suka membayangkan Tuhan seperti Dewi Kwan In yang cantik, anggun, dan halus budi. Tuhan sendiri pasti tak ingin digambarkan sebagai sosok yang mengerikan. Kan, Dia sendiri yang bilang: “Hanya dengan mengingatKu hati akan menjadi tenang.”

Rasa tenang dan damai itu tak akan muncul jika yang dingat dari-Nya adalah sosok full power dengan dua cambuk di tangan yang siap melecuti siapa saja yang berdosa, sekecil apapun dosa itu.

Tuhan, tentu saja, memang Maha Adil dan setiap orang akan memetik apa yang dilakukannya. Tapi saya percaya sifat pengasih dan penyayang-Nya lebih besar dari cambuk KeadilanNya. “Pintu” maaf-Nya bahkan tak perlu diketuk karena pintu itu memang tak pernah tertutup.

Jadi Pak Khatib, daripada mengisahkan yang seram-seram tentang Tuhan, kenapa tidak menceritakan kepada kami tentang betapa lemah lembut dan pemurahnya Tuhan kita.

Sebab sudah terlalu banyak kekerasan yang mengatasnamakan Tuhan –seolah Tuhan sendiri yang menitahkan mereka– dan sedikit sekali yang berlaku pemurah atas nama-Nya.

_DW_

Baca Juga:
Uje
Di Balik Teralis
Biarkan Anjing Menggonggong..
Sepucuk Daun di Pusaran Angin
Rumah, Surga yang Tak Sempurna
Tuhan Dalam Kenangan Kami
Tuhan dan Secangkir Kopi
Embun dari Tibet
Selamat Natal, MUI
Tuhan Ada di Tengah
Kisah Sesat Para Penepuk Dada
Jalan Sunyi Para Santri
Anti Klimaks Fatwa Zakat

One Comment leave one →
  1. May 11, 2013 3:22 pm

    Tulisan yang sangat relevan dalam situasi Indonesia sekarang ini….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: