Skip to content

Skandal Gigi di Padang Golf

March 26, 2013

Beralasan sakit gigi, pegolf nomor wahid dunia, Rory Mcllroy, kabur dari turnamen. Tiger Woods juga pernah melakukannya

Foto: Reuters

Foto: Reuters

Rory McIlroy melahap sepotong sandwich setelah tampil buruk di hole 16 turnamen Honda Classic di Florida, Amerika Serikat, Jumat awal Maret lalu. Di hole dengan par 4 itu ia membukukan triple bogey alias tiga pukulan di atas par.

Penampilan pegolf nomor satu dunia itu memang sedang payah. Di hole 11 yang ber-par 4, Mcllroy mencetak double bogey atau dua pukulan di atas par. Begitu juga di hole 13, dari standar 4 pukulan, dia membutuhkan 5 pukulan alias bogey (1 pukulan di atas par).

Di hole 17, setelah sandwich habis tertelan, McIlroy lagi-lagi mencetak bogey. Rentetan hasil buruk ini menjadi rangkaian keapesannya sejak pertandingan hari pertama, saat dia menuntaskan 18 hole dengan even par –jumlah pukulan sesuai dengan par.

McIlroy pun menyerah. Dia menyalami Ernie Els dan Mark Wilson –dua pegolf saingannya. “Saya tidak bisa melanjutkan,” kata Mcllroy sambil menggelinding meninggalkan 11 hole yang masih tersisa. Kepada wartawan ia hanya berkata, “Mental saya sedang tidak bagus.”

Tapi, beberapa jam setelah itu, dalam wawancara dengan Sports Ilustrated, pegolf kelahiran 4 Mei 1989 ini memberi alasan lain: sakit gigi. Pernyataan ini kontan membuat sejumlah pegolf yang bertanding hari itu mengerutkan kening. Bukankah dia tadi makan sandwich?

Mengundurkan diri di tengah turnamen sebenarnya bukan hal tabu. asalkan si pegolf benar-benar sakit. Sebab, dalam aturan PGA Tour, pemain boleh mengundurkan diri jika mengalami cedera yang membuatnya tak bisa menyelesaikan laga.

Tiger Woods, misalnya, pernah dua kali mengundurkan diri dari turnamen, yaitu di Turnamen AS Terbuka pada Juni 2011 karena cedera pergelangan kaki dan di Turnamen Cadillac Championship yang digelar Maret 2012 akibat cedera Achilles Tendon. Tapi, ia tak pernah mundur karena permainannya sedang buruk.

Banyak yang mencurigai sakit giginya McIlroy hanya akal-akalan untuk menutupi rasa malunya karena tampil buruk. Daily Mail, harian di Inggris, menulis: jika ia sakit gigi, kenapa melahap sandwich? Orang yang lagi sakit gigi, jangankan mengunyah sandwich, makan puding pun bisa membuatnya meringis.

Dua malam sebelum pertandingan, McIlroy juga diketahui menghadiri pesta makan malam dalam perayaan ulang tahun ibunya. Ini bisa dilihat di akun twitternya. Pada 28 Februari, ia menulis: Having a great dinner celebrating my mums birthday!

Jack Nicklaus, legenda golf sekaligus mentor Mcllroy, menyayangkan sikap anak didiknya itu. Jack menilai McIlroy punya bakat dan ketajaman yang hebat tapi dia belum terlalu dewasa untuk bisa mengontrol frustasi. “Jika dia berpikir 5 menit saja dia tidak akan melakukan blunder itu.”

Tiger Woods pun angkat bicara. “Dia seharusnya berpikir dulu sebelum bertindak,” kata Woods. “Karena imbas dari tindakan kita bisa di luar kendali. Ketika masih jaman mesin fax, segalanya berjalan lebih lambat. Tapi saat ini semua orang bisa mengetahui apa yang anda lakukan begitu anda selesai melakukannya.”

Kritik keras datang dari David Duval. Pegolf yang pernah nangkring di peringkat 1 dunia ini menulis di akun twitternya: Hari-hari yang berat dan nilai yang buruk adalah bagian dari golf. Jangan mengayunkan stik jika ego anda tidak bisa menerima hasilnya.

Sejak berkarir sebagai pegolf profesional pada 2007, baru kali ini McIlroy mundur dari turnamen. Media menyebut kasus ini sebagai toothgate –merujuk kasus watergate yang menjatuhkan Presiden Richard Nixon. Sebuah sindiran yang cukup menohok.

Jika bukan karena ‘toothgate’, lantas apa yang membuat Mcllroy melarikan diri dari turnamen? Spekulasi pun bermunculan. Ada yang mengaitkan mundurnya McIlroy dari turnamen karena hatinya sedang galau memikirkan pujaan hatinya, Caroline Wozniacki.

Dua hari sebelum pertandingan, Caroline yang merupakan mantan petenis nomor satu dunia, kalah tragis di ajang turnamen Malaysia Terbuka. Dia ditekuk petenis rangking 186 asal Cina, Qiang Wang. Kekalahan ini membuat Caroline tersingkir di putaran pertama, hasil terburuk sepanjang karir tenisnya.

Dugaan lain, McIlroy bermain buruk karena tak cocok dengan karakter stik barunya, Nike, yang sekaligus menjadi sponsornya sejak pertengahan Januari lalu. Nike kabarnya membayar McIlroy sebesar US$ 100 juta untuk kontrak lima tahun.

Tapi McIlroy buru-buru mengklarifikasi. Lima hari setelah kabur dari turnamen, McIlroy akhirnya bersuara. Ia mengakui keputusannya mengundurkan diri dalam turnamen Honda Classic bukan karena sakit gigi, kekalahan Caroline, atau ketidakcocokkannya dengan karakter stik barunya.

“Saya tertekan karena bermain buruk setelah tahun lalu bermain luar biasa,” katanya. “Seharusnya, tak peduli seburuk apapun saya bermain, saya tetap harus bertanding. Saya meminta maaf untuk semua ini dan tak akan pernah melakukannya lagi.”

Tahun ini prestasinya memang melorot. Ia gagal di Turnamen Abu Dhabi pada Januari dan tersingkir di putaran pertama WGC-Accenture Match Play Championship pertengahan Februari. Sehingga belum ada gelar apapun yang diraihnya tahun ini.

Tapi ini baru bulan Maret. Sederet turnamen masih menunggu untuk dimenangi. Ia masih muda –belum genap 23 tahun– dan bakatnya disebut-sebut melampaui Tiger Woods. Ia punya bekal yang cukup untuk melompat lebih tinggi dari pegolf manapun. Semestinya, ia tak perlu berpura-pura sakit gigi.

Mengawali karir profesional pada 18 September 2007, McIlroy bergabung dengan International Sports Management Limited, agen olahraga yang berbasis di Inggris. Di dalamnya ada sederet pegolf peraih Master, seperti Louis Oosthuizen, Darren Clarke dan Ernie Els.

Ia langsung terjun di turnamen Quinn Direct British Masters dan finisih di peringkat ke-42. Dua bulan kemudian ia mengikuti turnamen Open de Madrid Valle Romano dan masuk 4 besar. Pada Januari 2008, namanya nangking di peringkat 200 pegolf dunia. Ia terus aktif mengikuti serangkaian turnamen.

Kemenangan pertamanya di turnamen profesional dibukukan di turnamen Dubai Desert Classic pada Februari 2009. Saat itu usianya baru 19 tahun dan namanya langsung melesat ke peringkat 16 dunia. Sementara kemenangan pertamanya di PGA Tour ia cetak di turnamen Quail Hollow Championship yang berlangsung Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat, Mei 2010.

Pemuda Irlandia Utara dengan tinggi badan 175 centimeter ini unggul empat pukulan dari pegolf nomor dua Amerika Serikat, Phil Mickelson. Ia membukukan total 273 pukulan 15 di bawah par sementara Mickelson mencatat 277 pukulan 11 di bawah par.

Kemenangan ini membuatnya menjadi pemenang seri PGA Tour termuda sejak Tiger Woods melakukannya di Las Vegas pada 1996. Usianya saat itu 20 tahun 10 bulan. Peringkatnya terkerek ke rangking 9 dunia.

Sejak itu karirnya terus melesat. Pada Juni 2011 ia menjuarai Turnamen Amerika Serikat Terbuka. Selain mencatatkan namanya sebagai pemenang termuda sejak Bobby Jones memenanginya pada 1923, kemenangan ini juga membuat peringkatnya merangkat ke posisi 4 dunia.

Mcllroy terus melaju. Ia memenangi turnamen Honda Classic di Palm Beach Gardens, Florida, Amerika Serikat, Maret 2012. Ia memaksa Tiger Woods harus puas di urutan ke dua. Hasil ini membuatnya menjadi pegolf nomor satu dunia, melengserkan Luke Donald.

“Saya tidak menyangka bisa meraihnya secepat ini. Saya berharap bisa berada di atas untuk waktu sedikit lebih lama,” kata Mcllroy. Usianya saat itu baru 22 tahun. Tahun itu juga ia menyabet gelar PGA Player of the Year. Ia menjadi pegolf termuda yang menerima penghargaan tersebut sejak Tiger Woods pada 1998.

Mcllroy dan Woods memang anak-anak emas yang pernah dilahirkan padang golf. Dan seperti Mcllroy, Woods pun pernah bertingkah ketika muda. Pada 1996, saat turnamen Buick Challenge digelar di Callaway Gardens, Georgia, Woods mendadak lenyap.

Ia bahkan tak muncul saat makam malam yang digelar khusus untuk memberikan penghargaan Fred Haskins Award untuknya. International Management Group, agen Woods, menyatakan pemain berusia 20 tahun itu sedang kelelahan.

Padahal, Woods sudah menyelinap ke bandara dan terbang ke Las Vegas. Sebelas hari kemudian, ia memenangkan kejuaraan Las Vegas Invitational dan ‘dosanya’ di Callaway Gardens terlupakan. Mcllroy bisa memetik hikmahnya: frustasi tak bisa diatasi dengan berpura-pura sakit gigi, tapi dengan prestasi.

DW | (ESPN | SKY SPORTS | DAILY MAIL | REUTERS | GOLF CHANNEL)

Baca Juga:
Duet Baru Stok Lama
Sumbu Panjang KPSI-PSSI
Tato di Bahu Leo
Sampai Mati Menanti Gaji
Malaikat Telat Turun ke Timnas
Serba Salah
Kritik Nike di Punggung Timnas
Balada The Real Garuda

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: