Skip to content

Ada Apa dengan Lupa

March 1, 2013
tags: ,

Bang Toyib boleh lupa jalan pulang, tapi dia tidak akan lupa nomor pin ATM-nya. Karena itu kebodohan besar. Jika itu terjadi, anda harus menunggu 1-2 jam di bank dan kalau anda lupa sama sekali nomor pinnya, anda harus menunggu lagi 5 hari untuk bisa menarik duit. Kenapa saya tahu? Karena saya lupa pin saya pagi tadi!

Alasannya, tak jelas. Mendadak saja lupa, begitu saja. 6 dijit angka itu sama sekali tak teraba. Hampir 5 menit saya mematut diri di depan mesin ATM, mencoba mengingat-ingat dereta angka itu, mengetok-ngetok kepala, mengelus-elus dengkul, hasilnya tetap nihil. Pada percobaan ketiga, kartu ATM mendadak diblokir.

Saya sempat curiga ada seseorang yang sedang menghipnotis. Tapi siapa? Tak ada orang sama sekali. Lagi pula ini masih jam 6.30 pagi. Penjahat pun barangkali masih ngrungkel bersama guling. Hanya ada satpam di pos jaga yang jaraknya sekitar 50 meter dari ATM. Ini murni kebodohan –kalau bisa disebut begitu– saya sendiri.

Kenapa saya lupa? Karena saya tak ingat. Kenapa bisa tak ingat? Karena saya lupa. Saya lupa apa yang saya ingat dan hanya ingat bahwa saya lupa. Itu saja.

Tapi kenapa ini terjadi? Saya tak tahu. Barangkali sesuatu yang tak perlu terjadi harus terjadi untuk suatu alasan yang tak perlu dimengerti. Tuhan punya rahasia, kita tinggal jalani saja. Begitu pikiran orang ketika frustasi.

Anehnya –ini bagian paling ngeselin– setelah kartu terblokir, ketika saya baru beberapa langkah meninggalkan mesin ATM, 6 dijit angkat itu ndililah muncul lagi. Kata orang Surbaya: A*u! Tapi, apa boleh buat, kartu sudah terlanjur diblok.

Pagi tadi mungkin Tuhan hanya mengijinkan saya menyeruput kopi tanpa donat hangat, sebab tak ada duit untuk membelinya..

DW

2 Comments leave one →
  1. arieitem permalink
    March 6, 2013 1:21 pm

    Hooo, makna tersiratnya lu pengen nunjukkin lu jarang ke ATM yes? kagak pernah ngecek saldo atau narik duit, karena duit “jelas” banyak!!!!
    hehe..

    • March 6, 2013 6:35 pm

      sekali layar terkembang, surut kita berpantang…mari melauuuuutt

Leave a Reply

