Skip to content

Apel Busuk di San Siro

February 2, 2013

baloPresiden AC Milan, Silvio Berlusconi, akhirnya terpaksa menelan “apel busuk” yang pernah dilemparnya awal Januari lalu. Mantan Perdana Menteri Italia itu menyebut rencana pembelian Mario Balotelli seperti membeli sekarung apel busuk.

“Nama Balotelli tidak pernah masuk dalam daftar pemain saya,” katanya. “Dia adalah apel busuk yang keberadaannya bisa meracuni semua tim yang dia masuki, termasuk AC Milan jika membelinya.”

Tapi, Senin lalu, Milan justru mengimpor apel busuk itu dari Manchester City. Nilai transfernya mencapai 20 juta pound sterling (sekitar Rp 307 miliar). Berlusconi, tak ingin dituduh tak konsisten, buru-buru mengklarifikasi. Istilah apel busuk, kata dia, hanya pelintiran media.

Apel busuk itu memang telah resmi menjadi bagian dari skuad Milan. Dua hari lalu ia menjalani serangkaian tes medis dan siap berlatih bersama para pemain lain di San Siro –markas Milan dalam waktu dekat.

Pemain berdarah Ghana itu bahkan telah dijamu Wakil Presiden Milan, Adriano Galliani, di sebuah restoran di Milan pada Rabu malam kemarin. Menunya, tentu saja, bukan apel busuk.

Sambutan juga datang dari ratusan tifosi Milan yang ‘mengepung restoran’ sambil berteriak, “Kami akan menang bersama Balotelli!” Mereka kemudian dibubarkan polisi dengan semburan gas air mata.

Kehadiran Balotelli di San Siro, bagaimana pun, membawa harapan baru bagi Milan. Maklum, sampai pertengahan musim ini mereka masih tertahan di peringkat 5 klasemen, tertinggal 12 poin dari Juventus yang anteng di puncak klasemen.

Mereka butuh pemain baru untuk menyambung nafas Stephan El Shaarawy yang sepanjang musim ini terus menjadi andalan di lini depan. Dan Balotelli, meski penuh kontroversi, sejatinya menyimpan segudang potensi.

Persoalannya, bisakah Milan menaklukkan kebengalan Balotelli? Pelatih Manchester City, Roberto Mancini, pernah mencobanya selama 2 tahun, tapi gagal. Selama di City, Balotelli mengoleksi 4 kartu merah, itu belum termasuk denda yang harus dibayar klub akibat kebengalannya.

Bekas pelatih Inter Milan, Jose Mourinho –kini melatih Real Madrid– bahkan pernah melabelinya dengan kalimat ‘Tak Mungkin Ditangani’. Tapi Adriano Galliani optimistis pemain berusia 22 tahun ini bisa berubah manis di San Siro.

“Kami memiliki suasana yang hangat di Milanello (markas latihan Milan),” katanya. “Kembali dekat dengan keluarganya di Italia juga bisa membuat dia tidak nakal lagi. Selain itu dia sangat mencintai Milan.”

Milan memang bukan kali ini menghadapi anak bengal. Sebelumnya mereka pernah menangani Antonio Cassano dan Zlatan Ibrahimovic, dua pemain bintang yang tak bisa disebut manis.

Cassano pernah berseteru dengan Francesco Totti saat masih di AS Roma.Di Sampdoria, ia bertengkar dengan presiden klub Riccardo Garrone. Sementara Ibra –sapaan Ibrahimovich– pernah berseteru dengan Guardiola saat masih memperkuat Barcelona.

Tapi di San Siro, kedua pemain bengal itu mendadak jinak. Mereka bahkan menjadi pilar yang membawa Milan meraih Scudetto. Balotelli kemungkinan juga akan mengikuti jejak mereka.

“Milan adalah tim impian saya sejak kecil,” kata Balotelli. “Saya hanya ingin kehadiran saya diterima dan dicintai fans.” Ucapan ini bukan sekedar kecap pemanis. Saat masih memperkuat City, ia pernah memakai kostum Milan di sebuah acara televisi.

Balotelli, seperti diungkapkan agennya, Mino Raiola, selalu berharap bisa menjadi sebuah cherry di San Siro, yang manis dagingnya dan sedap dipandang. Bukan seperti apel busuk..

FOOTBALL ITALIA | GOAL | SKY SPORTS | DW
dimuat di Koran Tempo edisi jumat 1/2/13

Baca Juga:
Para Pengutil di Liga Eropa
Sumbu Panjang KPSI-PSSI
Messi Terpilih dari Belakang Meja Kami
Rumah Batu, Riwayatmu Dulu..
Tato di Bahu Leo
Sampai Mati Menanti Gaji
Natal Kelabu Buat Mou
Malaikat Telat Turun ke Timnas
Serba Salah
Kritik Nike di Punggung Timnas
Wangsit Dari Paris
Balada The Real Garuda

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: