Skip to content

Buruk Sangka PKS

February 1, 2013

pks “Sebaiknya jangan berburuk sangka dulu,” seorang kader PKS mengomentari penetapan tersangka Lutfhi Hasan Ishaaq oleh KPK. Mantan Presiden PKS itu diduga menerima suap dalam kasus impor daging sapi.

Sebagai kader, tentu saja, ia tak suka pimpinannya dijadikan tersangka. Tapi faktanya memang begitu. Karena itu ucapan “jangan berburuk sangka dulu” menjadi jurus elegan untuk tidak mengakui kesalahan pimpinannya –setidaknya sampai saat ini–tanpa mengabaikan dugaan yang mengarah ke Luthfi.

Persoalannya, sikap “jangan berburuk sangka dulu” ini berimbas ke sikap lain: membela si pemimpin sampai terkesan membabi-buta.  “Ada konspirasi,” kata Anis Matta, Wakil Sekretaris Jenderal PKS yang kemudian menggantikan posisi Luthfi. “Ada penyalahgunaan otoritas.”

Ini jadi ironi. Di satu sisi mereka meminta kita “jangan berburuk sangka dulu” tapi pada saat yang sama mereka malah berburuk sangka pada otoritas –entah siapa yang dimaksud– yang konon kabarnya berkonspirasi menjatuhkan PKS.

Sikap “jangan berburuk sangka dulu” menjadi elegan jika digunakan sebagai sebuah jeda untuk berpikir jernih sebelum menentukan sikap. Bukan untuk melempar sangkaan buruk ke lembaga lain.

Lagipula, berburuk sangka pada sesuatu yang diduga buruk itu sah-sah saja, sampai terbukti sesuatu itu tak buruk. Yang tak boleh itu berburuk sangka pada sesuatu yang baik tanpa bukti.

Kesimpulannya: jenggot boleh terbakar, tapi otak harus tetap dingin. Teruslah bertakbir, Ustad. Biarkan kami yang bukan kader ini beristigfar..

_DW_
sumber foto: pksrungkut.wordpress.com

Baca Juga:
Tuhan Dalam Kenangan Kami
Keserakahan Tuhan dalam Rukun Islam
Embun dari Tibet
Tuhan dan Secangkir Kopi
Selamat Natal MUI
Tuhan Ada di Tengah
Kiamat Sudah Lewat
Kisah Sesat Para Penepuk Dada
Karena Tuhan Tak Membunuh
Antiklimaks Fatwa Zakat
Jalan Sunyi Para Santri

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: