Skip to content

Mewahnya Jendela Samping

January 25, 2013

jendela taman“Di Jakarta ini jangankan punya tanah luas, punya jendela samping aja udah mewah banget,” celetuk seorang teman. Dia baru saja mengambil kredit rumah di daerah Sawangan, Bogor, Jawa Barat.

“Pengembang selalu membangun rumah berdempetan, jadi nggak ada space sedikitpun buat naruh jendela di samping,” katanya lagi. “Kecuali kalo posisinya di hook, tapi harganya muahal tenan.”

Rumah dan tanah memang tak pernah murah. Setahun lalu saya pernah survei harga perumahan di sekitaran Jagakarsa, Depok, Cimanggis, Sawangan, dan Citayam. Untuk tipe 36/72 (luas rumah 36 dan tanah 72 meter persegi) tak ada yang kurang dari Rp 250 juta.

Buat yang bergaji pas-pasan, tentu harga itu kelewat tinggi. Menabung dulu untuk membeli rumah pun bakal percuma. Sebab kenaikan harga tanah lebih cepat dari duit yang masuk ke rekening. Ngos-ngosan terus.

Untunglah ada sistem KPR. Kredit berdurasi 10-15 tahun ini lumayan membantu. Tapi tetap saja lumayan memberatkan karena bank pemberi kredit biasanya minta uang muka minimal 20 persen dari total harga rumah.

Itu pun belum termasuk BPHTB, Pajak, Asuransi, IMB, dan biaya KPR. Total biaya perintilan ini seringkali lebih besar dari uang muka! Jadi jangan tergiur dengan iklan-iklan di spanduk yang sesumbar: cukup Rp 1 juta punya rumah.

Ini dari pengalaman pribadi, sih. Oya, saya mengambil sepetak rumah di salah satu perumahan di Tanah Baru, Beji, Depok, Februari tahun lalu. Cuma rumah kecil tipe 36. Alhamdulillah, pekarangan belakangnya lumayan luas.

Sejak dulu saya memang bermimpi punya rumah mungil dengan halaman yang luaaasss dan rindang. Tapi, tetap saja, seperti nasib teman saya itu: tak ada jendela samping!

_DW_

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: