Skip to content

Ritual Reina Mengusir Setan Merah

January 13, 2013

pepe rPepe Reina membelokkan mobilnya ke stasiun pengisian bahan bakar meski jarum di indikator bensinnya masih jauh dari huruf “E”. Padahal jarak dari rumahnya ke Anfield, markas Liverpool, tak sampai 20 menit. Sehingga jelas ia tak akan kehabisan bahan bakar. Tapi tetap saja ia merasa perlu mengisi bensin.

“Enam jam sebelum kick off di Anfield dan sebelum saya berpikir tentang pertandingan yang AKAN berlangsung, saya harus mengisi bensin,” kata Reina. “Saya tidak tahu kenapa harus mengisinya hingga penuh. Saya hanya merasa harus melakukannya dan saya memang melakukannya sebelum bertanding. Itu menjadi ritual saya.”

Jebolan akademi sepak bola La Masia ini mengakui dirinya sangat percaya takhayul. Tuntutan untuk selalu tampil prima membuatnya tanpa sadar mempercayai ritual-ritual aneh. Selain mengisi bensin, ritual lain yang menjadi ‘jimatnya’ adalah makan dua potong burger, sepotong keju, dan segelas anggur pada malam sebelum pertandingan. “Setelah itu tidurku akan nyenyak.”

Ritual berlanjut di lapangan. Sesaat sebelum kick off dimulai, Reina akan menyentuh rumput dan berjalan di antara dua tiang gawang untuk menepuknya. Setelah itu ia akan berjalan empat langkah ke depan gawang, berjongkok di sana sekaligus melakukan pemanasan. Semua ritual itu ia peragakan saat diwawancarai sebuah stasiun televisi di Spanyol.

Aksi ajaibnya ini pun sontak membuat penonton di studio tertawa. Tapi bagi Reina, semua ritual itu, meski tak masuk akal, bukan lelucon. Sebab ia percaya kemenangan tak semata ditentukan oleh taktik dan kekompakkan tim, tapi juga oleh keberuntungan.

Semua ritual itu ia lakukan untuk memastikan keberuntungan selalu berada di pihaknya. Dan ia memang membutuhkan keberuntungan besar saat timnya bertandang ke Old Trafford untuk menantang Manchester United, Ahad malam nanti.

Maklum, United saat ini sedang on fire. Mereka terus tampil bagus hingga ajeg di puncak klasemen dengan 52 poin. Sementara Liverpool hanya berada di peringkat 8 klasemen dengan torehan 31 poin. Sehingga, untuk membendung pasukan Setan Merah, Liverpool harus mengerahkan semua usaha mereka, ya termasuk usaha di luar nalar itu.

DAILY MAIL | DW
*koran tempo edisi Sabtu 12 Januari 2012

Baca Juga:
Catatan Si Roy
Messi Terpilih dari Belakang Meja Kami
Rumah Batu, Riwayatmu Dulu..
Tato di Bahu Leo
Sampai Mati Menanti Gaji
Natal Kelabu Buat Mou
Malaikat Telat Turun ke Timnas
Serba Salah
Kritik Nike di Punggung Timnas
Wangsit Dari Paris
Balada The Real Garuda

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: