Skip to content

Natal Kelabu Buat Mou

December 26, 2012

joseKemeriahan natal agaknya tak masuk ke Stadion Bernabeu. Ruang ganti di stadion milik klub sepak bola Real Madrid itu kini lebih mirip kotak freezer . Tak ada obrolan dan canda tawa. Hanya wajah-wajah para pemain yang diam membeku.

“Ruang ganti (Madrid) memang sedang suram saat ini, ” kata pemain belakang Real Madrid, Pepe, seperti dikutip dari harian Marca. “Bagaimanapun ini bukan akhir pertengahan musim yang kami inginkan.”

Real Madrid memang menutup tahun ini dengan hasil mengecewakan. Mereka ditekuk Malaga dalam laga lanjutan La Liga dengan skor 3-2 di Estadio La Rosaleda, akhir pekan lalu.

Hasil ini membuat El Real –julukan Real Madrid– semakin terpuruk di klasemen La Liga Spanyol. Mereka tertinggal jauh dari Barcelona, rival abadi mereka, yang kokoh di puncak klasemen.

Barca memimpin dengan 49 poin, unggul 16 poin dari Madrid yang menduduki peringkat tiga. Bahkan juara La Liga musim lalu ini juga tertinggal cukup jauh dari peringkat kedua klasemen, Atletico Madrid, yang telah mengoleksi 40 poin.

Dan Jose Mourinho, pelatih Real Madrid, menjadi sosok yang paling disorot. Mou, begitu sapaannya, dinilai membuat blunder besar saat membangku cadangkan penjaga gawang andalan mereka, Iker Casillas, saat melawat ke Malaga.

“Ini memang mengejutkan kami tapi tapi saya tidak mau ikut campur karena kewenangan itu ada di tangan pelatih,” kata pemain belakang Sergio Ramos. “Tapi Iker adalah kapten kami dan pemimpin kami di ruang ganti. Sangat sulit bermain tanpa pemain kunci.”

Melihat Casillas duduk di bangku cadangan memang aneh. Sebab penjaga gawang berusia 31 tahun ini tak pernah absen membela Madrid selama 10 tahun terakhir. Ia terakhir kali absen saat Madrid melawan Deportivo La Coruna pada musim kompetisi 2002-03.

Mou beralasan Iker tak dimainkan karena kondisinya sedang tak fit. Jadi, kata Mou, keputusannya untuk memarkir Casillas semata karena alasan teknis. “Kalian bisa mengarang cerita yang kalian sukai mengenai pemilihan ini,” katanya.

Namun mantan direktur olahraga Madrid, Jorge Valdano, menilai lain. Ia menduga keputusan Mou tak memainkan Casillas bukan karena Sang Santo, julukan Casillas, sedang tak fit. Tapi untuk menunjukkan kekuasaannya di Madrid. jose1

“Dia ingin menunjukkan kepada siapapun bahwa dia memiliki otoritas penuh di Madrid, bahkan pada legenda klub seperti Casillas sekalipun,” kata Valdano. “Saya sendiri belum tahu pasti alasan di balik keputusannya itu.”

Kecurigaan Valdano cukup beralasan. Mou kabarnya memang tak akur sejumlah staf di Bernabeu. Terakhir, ia terlibat konflik dengan Zinedine Zidane. Mantan pemain bintang tim nasional Prancis itu memilih mundur dari jabatan Direktur Olahraga di Real Madrid ketimbang terlibat konflik dengan Mou.

Dengan Casillas pun pelatih asal Portugis ini kerap tak akur. Mou dikabarkan cemburu karena pengaruh Casillas terhadap para pemain kelewat besar. Mou pun membidik penjaga gawang Bayern Muenchen, Manuel Neuer, untuk diboyong ke Bernabeu. Ia menganggap tak boleh ada dua matahari dalam satu tim.

Namun keputusannya menyingkirkan Casillas membuatnya menjadi sasaran tembak. Casillas, seperti kata Valdano, sudah terlanjur menjadi icon Madrid. Publik memujanya dan memberinya gelar ‘Santo’ . Alih-alih menyingkirkan Casillas, justru Mou yang bisa tersingkir.

Ini bisa dilihat dari hasil polling yang digelar harian Marca. Dari 100 ribu pendukung Real Madrid, 82,4 persen menginginkan Mou hengkang dari Bernabeu. Mou, seperti biasa, berlagak tak acuh. “Saya tidak takut dengan posisi saya karena beginilah sepakbola,” katanya.

Tapi Mou, tak ada kado natal kali ini..

MARCA | GOAL | FOOTBALL ESPANA | DW

Baca Juga:
Malaikat Telat Turun ke Timnas
Serba Salah
Kritik Nike di Punggung Timnas
Wangsit Dari Paris
Balada The Real Garuda

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: