Skip to content

Pukulan Kedua Chelsea

December 18, 2012

lampard
Pemain veteran Chelsea, Frank Lampard, berdiri mematung seusai laga melawan Corinthians di International Stadium Yokohama, Jepang, Minggu sore kemarin. Ia masih tak percaya klubnya gagal menjuarai Piala Dunia Antarklub 2012 setelah ditekuk 0-1 oleh klub asal Brasil itu.

“Kami pulang dengan perasaan kecewa karena kami sebenarnya memiliki cukup banyak peluang, paling tidak kami seharusnya bisa bermain imbang,” katanya kepada BBC. “Namun mereka bermain sangat rapi, sangat tersusun dan juga memiliki serangan balik yang cepat.”

Mimpi The Blues –julukan Chelsea– membawa pulang trofi Piala Dunia Antar Klub 2012 kandas begitu pemain depan Corinthians, Paolo Guerrero, sukses mencetak gol di menit ke-69. Guerrero sukses mengelabui Peter Cech, kiper Chelesea, lewat tandukannya setelah memanfaatkan bola pantulan dari Gary Cahill.

Chelsea sebenarnya sempat menyamakan skor lewat sepakan Fernando Torres di menit akhir. Namun gol tersebut dianulir wasit karena Torres telah berada di posisi offside. Sehingga, sampai pertandingan berakhir, skor 1-0 tetap bertahan untuk kemenangan Corinthians.

Kemenangan ini membuat tim berjuluk Timao ini menyusul jejak Barcelona menjadi klub yang berhasil menjuarai Piala Dunia Antarklub dua kali, setelah mereka juara pada tahun 2000 lalu. Corinthians juga menjadi satu-satunya klub asal Amerika Latin pertama yang menjuarai Piala Dunia Antarklub sejak 2007.

Bagi Chelsea sendiri, kekalahan ini menjadi pukulan kedua mereka setelah sebelumnya tersingkir di babak penyisihan grup Liga Champions 2012-2013. Dalam sejarah Liga Champions, baru kali ini juara bertahan gagal lolos dari penyisihan grup.

Pelatih Chelsea, Rafael Benitez, sebelumnya berharap Piala Dunia Antarklub 2012 ini bisa menjadi momentum untuk mendongkrak performa timnya di Liga Premier Inggris yang terus melorot. Tapi Corinthians mematahkan harapannya.

“Final Piala Dunia kali ini memang milik tim-tim Amerika Selatan. Kalian bisa melihat itu sejak menit pertama,” puji Pelatih Celsea, Rafael Benitez. “Mereka memiliki pengalaman bermain baik setiap detiknya.”

Benitez tak menyalahkan para pemain atas kekalahan ini. Lampard dan kawan-kawan, menurutnya, sudah bermain cukup bagus. Persoalannya, mereka keletihan. “Pemain kami memiliki kualitas yang bagus, tapi beberapa dari mereka tidak begitu kuat secara fisik.”

Faktor fisik inilah yang kini menjadi sorotan Benitez. Sebab Kamis dinihari nanti mereka sudah harus menantang Leeds United di Elland Road, kandang Leeds, di ajang Piala Liga. “Kami sepertinya bakal kelelahan saat menghadapi Leeds karena hanya memiliki recovery kurang dari 48 jam.”

Kepulangan The Blues dari Tokyo memang tertunda. Rencananya mereka bertolak dari Tokyo Ahad malam, namun jadwal tersebut terpaksa mundur hingga Senin siang ini. Sebabnya otoritas bandara Tokyo melarang jet pribadi take off malam hari karena padatnya lalu lintas udara di sana.

BBC | REUTERS | GOAL | DW
Koran Tempo Selasa 18 Desember 2012

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: