Skip to content

Ganjilnya Genap

December 7, 2012

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan pola plat nomor ganjil genap untuk sepeda motor dan mobil Maret 2013 nanti. Cara ini dinilai akan efektif mengurangi kemacetan.
“Tidak mungkin,” kata seorang teman berkomentar. “bisa aja mereka ngambil kebijakan itu, tapi eksekusinya gak bakalan bisa.”
Ia menunjuk jumlah kendaraan per hari yang keluar masuk Jakarta. Angkanya jutaan. “Sekarang hitung berapa jumlah petugas lalu-lintas di lapangan. Nggak sebanding.”
Apalagi, ia melanjutkan, satu kebijakan tak bisa berdiri sendiri. Harus ada kebijakan lain yang mendukungnya.
Ia menunjuk kebijakan mobil murah yang akan dirilis pemerintah. Kebijakan ini justru bertentangan dengan kebijakan plat ganjil-genap. “Kalau ada mobil murah, orang bisa beli mobil satu lagi biar punya dua, satu berplat ganjil, satunya genap.”
Kalau gitu, siapa yang diuntungkan?
Ya, produsen otomotif..ahhhh!

_DW_

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: