Skip to content

Panggung Sandiwara Suarez

October 17, 2012


Aksi diving yang dilakukan Luis Suarez benar-benar panjang buntutnya. Kini, giliran pemain Arsenal Laurent Koscielny, yang ikut angkat bicara tentang kelakuan pemain Liverpool itu. Kata Kos, panggilannya, Suarez adalah pemain yang paling dia benci.

“Penyerang mana yang saya paling benci? Suarez,” katanya pada media Prancis, L’Equipe. Menurut pemain belakang asal Prancis ini, Suarez paling banyak ulah saat berada di kotak penalti. “Dia suka berakting dan saya selalu ingin menendangnya. Tapi saya harus berhati-hati agar tidak terkena kartu merah.”

Komentar Kos ini makin menambah panjang daftar orang yang kesal dengan si gigi kelinci ini. Sebelumnya, Wakil Presiden Asosiasi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Jim Boyce, beberapa hari lalu. Boyce menyebut Suarez sebagai “kanker” lantaran pemain berusia 26 tahun ini sering melakukan diving –istilah dalam sepak bola bagi pemain yang berpura-pura jatuh agar wasit memberi hadiah penalti atau kartu kuning ke pada pemain lawan.

“Saya telah melihat insiden Suarez. Dan bagi saya itu tak lebih sebagai bentuk kecurangan,” kata Boyce di situs resmi FIFA. “Itu menjadi sebuah kanker dalam pertandingan karena itu penipuan dan komite disiplin menanganinya. Harus mendapat hukuman berat.”

Suarez memang mendapat sorotan pekan ini. Aksinya saat berpura-pura jatuh di kotak penalti saat Liverpool bermain imbang melawan Stoke City 0-0 pekan lalu membuat orang beramai-ramai menghujatnya. Sebab ia jatuh tanpa seorang pun menyentuhnya. Istilahnya, jatuh dicolek angin.

“Suarez harus dihukum,” kata Manajer Stoke City, Tony Pulis. Aksi diving Suarez, kata Pulis, tak bisa diterima karena ia jatuh di kotak penalti tanpa disentuh oleh siapa pun. “Saya tidak mengerti kenapa wasit tidak memberinya kartu kuning.”

Luis Suarez pun kian terpojok. Pers Inggris sendiri tahu caranya menggoreng isu ini. Harian The Sun yang terbit di sana juga menempatkan Suarez sebagai satu dari 10 pemain yang sering bersandiwara di depan kotak penalti. Pemain depan lain di Liga Premier Inggris yang suka diving antara lain Gareth Bale, Andy Caroll, Ashley Young, dan Oscar.

Sebelumnya, Opta Sports, organisasi olahraga yang berbasis di London, menyebut Suarez sebagai raja diving di Liga Premier Inggris. Mereka merujuk pada tiga kartu kuning yang diterima Suarez karena diving-nya ketahuan wasit pada musim lalu.

Suarez memang banyak membuat masalah. Ini dimulai saat dia memulai perjalanan di Inggris ketika bertikai dengan Patrice Evra, musim lalu. Dia pun dihukum 8 kali dilarang bertanding.

Jauh sebelum itu, saat bermain untuk Ajax Amsterdam, Suarez pernah menggigit bahu pemain PSV Eindhoven, Otmaen Bakkal. Saat itu, Suarez diganjar hukuman larangan tampil selama 7 pertandingan dan dijuluki “Kanibal dari Amsterdam”.

“Anjing” boleh terus menggonggong, tapi Suarez terus berlalu. Suarez justru menuding balik Boyce, wakil presiden FIFA yang menyebutnya kanker, sebagai orang yang sedang mencari perhatian.

“Saya tak tahu kenapa dia bicara tentang saya. Biarkan saja dia bicara. Mungkin dia ingin terkenal,” kata Suarez. “Tugas hanya bermain dan berusaha melakukannya dengan sebaik mungkin.”

L’Equipe | BBC | GOAL | DW
terbit di koran tempo edisi 17 Oktober 2012
sumber foto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: