Skip to content

Kematian yang Indah

October 17, 2012

Lima butir peluru ternyata belum cukup membuat mati Kartosoewiryo. Tubuhnya masih tegap, tungkainya belum lunglai, dan dagunya masih segaris dengan bahu. Sang komandan regu tembak kemudian maju, mengarahkan ujung pistol ke pelipisnya, lalu: “DOR!”

Detik-detik eksekusi Kartosoewiryo itu terekam dalam rangkaian foto di buku berjudul Hari Terakhir Kartosoewirjo: 81 Foto Eksekusi Imam DI/TII yang diluncurkan 5 September lalu di Taman Ismail Marzuki. Ini pertama kalinnya proses ekeskusi ditampilan begitu telanjang dalam sebuah buku. Bener-bener horor.

Melebihi horor dari kematian itu sendiri. Orang yang tak takut mati, saat melihat proses eksekusi Kartosoewirjo, lalu membayangkan dirinyalah yang diikat di papan dengan mata tertutup di depan 12 prajurit yang telah menaruh telunjuknya di pelatuk, pasti akan keder juga.

Sebab, kalau mau jujur, tak ada yang menginginkan kematian, apalagi kematian yang mengerikan. Semua orang ingin jadi highlander yang bisa hidup seribu tahun. Tapi apa boleh buat, kematian pasti datang. Kalaupun mati, kita ingin kematian yang indah.

Yaitu mati ketika sedang sujud di rakaat terakhir, mati saat mencium batu hajar aswad, atau mati ketika baru berbuka di hari terakhir Ramadan. Itulah kematian-kematian paling indah yang jadi harapan hampir setiap muslim. Kematian yang tanpa rasa sakit dan darah.

Tapi, jika kematian indah seperti itu, lalu bagaimana dengan Sang Nabi yang meninggal karena sakit atau Imam Ali yang tewas dibacok ketika subuh. Bagaimana juga dengan Imam Husein yang tewas dalam pembantaian di Karbala lalu kepalanya diarak keliling kota…

Rasanya, saya perlu mendefinisikan ulang kematian indah..

DW

Artikel terkait:
Duka Terakhir Sang Nabi
Darah Nabi
Tuhan Dimana-mana, Tapi Tidak di Hatiku

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: