Skip to content

Ketika Messi Melengos

August 31, 2012

Lionel Messi tiba-tiba menekuk wajahnya saat berpapasan dengan Cristiano Ronaldo seusai laga kedua Piala Supercopa Spanyol 2012 di Stadion Bernabeu, Madrid, Spanyol, kemarin dinihari. Bintang Barcelona itu sempat menyalami wasit sebelum melengos melewati Ronaldo, tanpa jabat tangan, tegur sapa, apalagi tukar kaos.

Momen di tengah lapangan itu terekam jelas di kamera televisi. Kedua pemain terlihat saling menghindar. Karena ketika Messi menundukkan wajah, Ronaldo langsung menyibukkan diri dengan menjabat tangan wasit. Keduanya lalu berjalan saling memungggungi.

Bara di antara kedua pemain bintang ini memang telah lama menyala. Ronaldo, misalnya, pernah memaki Messi setelah membawa negaranya, Portugal, mengalahkan Denmark 3-2 di Piala Eropa 2012, Juni lalu.

“Messi tersingkir dari Copa America yang berlangsung di negaranya sendiri. Menurut saya, itu lebih buruk, bukan?” katanya. Ia kesal karena selama pertandingan berlangsung, para penonton selalu meneriakkan kata “Messi” setiap kali ia mendapat bola.

Mantan pemain Manchester United ini juga pernah membawa-bawa nama Messi saat dirinya dikritik habis-habisan karena tak kunjung mencetak gol di dua laga perdana Portugal di Piala Eropa 2012.

“Semakin besar pemain sepak bola,” katanya saat menjawab hujan kritik saat itu, “Semakin besar pula tekanan yang akan mereka terima. Bahkan Messi pun kerap menerima kritik.”

Adapun Messi lebih kalem. Ia hampir tak pernah secara langsung mengkritik rivalnya itu. Saat diwawancara Majalah Time, Januari 2012 lalu, ia malah memuji Ronaldo. “Menurut saya dia orang baik,” katanya. “Dia membawa banyak prestasi untuk Madrid.”

Namun sikapnya saat menghindari Ronaldo kemarin dinihari tadi jelas membuktikan ada tembok besar diantara mereka berdua. Boleh jadi persaingan abadi Barcelona dan Real Madrid plus perebutan Ballon d’Or 2012 membuat keduanya tak akur.

Tapi Messi punya alibi lain: “Saat kalah saya tidak mau bicara dengan siapa pun. Hati saya sibuk bertanya dan benak saya dipenuhi jalannya pertandingan: kesalahan-kesalahan saya dan mengapa kami sampai kalah,” katanya.

Beban pikiran itukah yang membuatnya “tak melihat” Ronaldo yang berdiri persis di depannya? Bisa jadi begitu, tapi bisa juga karena pemain bertubuh mungil ini tak hanya jago melengos, tapi juga “ngeles”.

Yang pasti Real Madrid sukses mengangkat trofi Supercopa Spanyol 2012 setelah menekuk Barcelona dengan skor 2-1. Ronaldo mencetak gol kedua di laga ini, menggandakan gol yang dicetak Higuain sebelumnya. Adapun Messi tetap tak kehilangan muka, karena ia mencetak gol indah lewat tendangan bebas.

Persaingan, atau perseteruan keduanya, akan terus berlanjut.

TIME | REUTERS | DW

published here
foto: Goal

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: