Skip to content

Oase Bola Kala Krisis

July 24, 2012

Klub sepak bola Barcelona menutup musim kompetisi 2011/12 dengan keuntungan sebesar 48,8 juta euro atau sekitar Rp 560 miliar. Laba super jumbo ini dicetak justru ketika Spanyol sedang dilanda krisis ekonomi akut.

“Ini menjadi keuntungan terbesar yang pernah kami cetak selama ini. Jika kami menjuarai La Liga, maka keuntungan kami justru hanya Rp 413,3 miliar,” kata Wakil Presiden Barca Bidang Ekonomi, Javier Faus, seperti dikutip dari Reuters.

Barcelona adalah salah satu klub yang berkompetisi di La Liga, Spanyol. Saat ini Spanyol sedang dilanda krisis ekonomi hebat. Tingkat pengangguran di sana tercatat sebagai yang tertinggi diantara 17 negara zona euro.

Negeri matador memerlukan dukungan keuangan lebih dari 100 milyar dolar euro untuk menopang perbankan mereka. Tapi di negeri yang baru saja meraih Piala Eropa 2012 itu, sepak bola tak pernah kehilangan peminat.

Faus mengatakan, salah satu sumber keuntungan terbesar Barca justru datang dari penjualan tiket. Artinya, meski kondisi keuangan sedang morat-marit, pendukung Barca tetap menyisihkan duit mereka untuk membeli tiket pertandingan.

Selain dari penjualan tiket, laba jumbo itu juga disumbang dari kontrak sponsor dan penjualan atribut klub di negara-negara lain. Mereka juga menghemat sekitar Rp 137 miliar setelah gagal menjuarai La Liga dan Liga Champions, karena tak harus memberi bonus kepada pemain.

Total pendapatan klub di akhir musim 2011/12 mencapai Rp 5,6 triliun, meningkat sekitar Rp 246 miliar dari total pendapatan mereka musim sebelumnya. Tak heran jika harian Marca yang terbit di Madrid, Spanyol, menyebut Barca sebagai ‘Ladang Emas’.

Seperti Barca, badai krisis ekonomi juga tak menyentuh Santiago Bernabeu, markas klub sepak bola Real Madrid. Juara La Liga musim lalu ini dilaporkan bakal menerima 53 juta euro atau sekitar Rp 611 miliar per musim dari maskapai penerbangan Emirates.

Syaratnya, El Real harus menambahkan kata ‘Emirates’ di stadion. Maskapai yang berbasis di Dubai ini mengusulkan nama Fly-Emirates Bernabeu atau Emirates Santiago Bernabeu. Nama ‘Bernabeu’ tetap dipertahankan karena sudah terlanjut melekat dengan Real Madrid.

“Kondisi keuangan tim kami tetap bagus, tetapi kami harus kreatif dalam menggali sumber keuangan tim,” kata Direktur Teknis Real Madrid, Miguel Pardeza, seperti dikutip dari Marca.

Emirates sendiri sebelumnya telah menggelontorkan duit ke Bernabeu setelah mereka resmi menjadi sponsor utama Real Madrid untuk lima tahun ke depan. Mulai musim 2013, nama Emirates akan muncul di jersey klub. Namun tak disebutkan berapa nilai kontrak tersebut.

Dibandingkan kas Spanyol yang kosong, besarnya laba Barca dan derasnya aliran dana ke Real Madrid memang terasa kontras. Tapi, seperti kata kiper Real Madrid, Iker Casillas: “Terkadang hal aneh terjadi dalam kehidupan.”

Di Spanyol, kata Casillas, sepak bola adalah oase. Orang-orang yang terjepit kesulitan ekonomi datang ke sana dan selalu menemukan kebahagian di dalamnya. “Membuat kami melupakan sedikit hal-hal buruk yang menimpa negara kami terkait krisis ekonomi.”

REUTERS | MARCA | ABC NEWS | DW
klik di sini

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: