Skip to content

Kado Manis Penghibur Krisis

June 18, 2012

Warsawa — Babak pertama hampir habis. Namun semangat di dada kapten tim Yunani, Giorgos Karagounis, masih berkobar. Pemain gaek berusia 35 tahun ini secara mengejutkan menyusup ke depan gawang Rusia, kemudian melepaskan tendangan. Bola meluncur melewati kiper Rusia, Vyacheslav Malafeev, sebelum menggetarkan jaring gawang.

Gol pada menit ke-45 (+2) ini sontak “meledakkan” ribuan pendukung Yunani yang memenuhi sebagian tribun National Stadium di Warsawa, Polandia, kemarin dinihari. Karagounis mengepalkan tangan ke atas. Ia menjadi pahlawan malam itu karena hingga pertandingan berakhir skor tetap 1-0 untuk kemenangan Yunani.

“Saya hanya ingin membuat saudara-saudara kami di Yunani tersenyum dan melupakan sejenak kehidupan mereka yang sangat berat. Tak peduli betapa letihnya kami saat ini, saya berharap malam ini mereka bisa tidur sambil tersenyum,” kata Karagounis seusai pertandingan.

Kemenangan Yunani atas Rusia ini cukup mengejutkan. Sebab, mereka tampil biasa-biasa saja dalam dua pertandingan sebelumnya: ditahan imbang Polandia 1-1 dan menahan imbang Republik Cek 1-1. Tak ada yang menduga jika mereka bisa menekuk tim raksasa Eropa Timur, Rusia.

“Seharusnya kami menang,” kata pelatih tim nasional Rusia, Dick Advocaat. “Kami telah bekerja cukup keras dan memulainya dengan baik. Tapi inilah sepak bola. Mereka (Yunani) telah berdarah-darah, tapi tak akan berhenti berjuang sebelum mati.”

Rusia memang berakhir antiklimaks. Mereka lolos ke babak penyisihan grup dengan catatan fantastis: tak terkalahkan dalam 16 pertandingan. Mereka bahkan tampil menawan saat menekuk Republik Cek 4-1 pada 9 Juni lalu.

Rusia dan Yunani sebenarnya sama-sama mengoleksi empat poin. Namun Rusia kalah selisih gol sehingga tim Beruang Merah–julukan untuk tim nasional Rusia–terpaksa berkemas lebih awal. Adapun Yunani dan Republik Cek melaju ke perempat final.

Presiden Asosiasi Sepak Bola Yunani (HFF) Safoklis Pilavios memuji perjuangan Karagounis cs. Menurut dia, kemenangan atas Rusia dan fakta bahwa mereka lolos ke perempat final akan menjadi kado paling indah bagi masyarakat Yunani yang dalam dua tahun terakhir dibelit krisis ekonomi.

“Kami semua bahagia,” kata Pilavios. “Terima kasih kepada semua pemain, terutama Giorgios. Kemenangan ini menjadi sangat berarti, terutama pada saat-saat sulit seperti ini. Kami layak mendapatkan (kebahagiaan) ini.”

Yunani memang sedang dibelit krisis. Negeri Para Dewa itu nyaris bangkrut setelah dihantam krisis ekonomi yang puncaknya terjadi tahun lalu. Jumlah penganggur melonjak hingga 21,7 persen pada awal tahun ini. Jumlah orang miskin bertambah banyak, dan pengemis makin sering terlihat di pinggir jalan.

Krisis keuangan ini berimbas juga ke lapangan sepak bola. Sebagian besar pemain berangkat ke Polandia dan Ukraina–tempat Piala Eropa 2012 digelar–dengan masa depan tak jelas di klub masing-masing. Sebagian dari mereka juga datang dengan “kantong kosong” karena belum menerima gaji dari klub.

Bahkan HFF nyaris membatalkan keberangkatan mereka ke Polandia dan Ukraina karena kas di Asosiasi kosong. Kondisi keuangan yang karut-marut membuat sponsor enggan membiayai mereka. Untung saja Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memberi bantuan Rp 9,5 miliar. Tim ini pun berangkat.

“Terlalu banyak masalah di negara kami, baik di lapangan sepak bola maupun di kehidupan sehari-hari,” kata Karagounis, “Tapi kami akan berjuang. Tak ada ruang untuk berpikir yang lain.”

Yunani akan menghadapi juara Grup B, yang akan diperebutkan Jerman, Denmark, dan Portugal. Ketiganya bertanding pada dinihari tadi. Jerman akan melawan Denmark dan Portugal menghadapi Belanda.

Pelatih Yunani, Fernando Santos, mengaku tak ambil pusing dengan siapa yang akan dihadapi timnya di perempat final nanti. “Pertandingan nanti mungkin akan sangat sulit bagi kami. Tapi ini semua tentang fokus dan konsentrasi. Saya percaya para pemain akan memberikan yang terbaik,” katanya.

GUARDIAN | FIFA | GOAL | DW

published: tempo.co

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: