Skip to content

Timnas Inggris Menjenguk Rasisme di Kamp Nazi

May 31, 2012

Pelatih tim nasional Inggris, Roy Hodgson, memilih Krakow, Polandia, sebagai pusat kamp mereka selama Piala Eropa 2012 digelar. Hanya beberapa kilometer dari tempat mereka berlatih dan mengotak-atik strategi itu ada Kamp Auschwitz: kamp konsentrasi Nazi terbesar tempat ribuan orang Yahudi dibantai selama Perang Dunia II.

“Beberapa pemain tim nasional Inggris akan diberikan kesempatan untuk berkunjung ke sana Kamis pekan depan. Itu akan menjadi sesuatu yang tak akan pernah mereka lupakan,” kata mantan kapten tim nasional Inggris, Ian Wright, seperti dikutip dari The Sun, Kamis 31 Mei 2012.

Auschwitz terletak sekitar 50 kilometer dari kamp latihan tim nasional Inggris di Krakow, Polandia Selatan. Di kamp seluas 200 hektare ini berdiri 150 bangunan, empat di antaranya kamar gas tempat ribuan orang dibunuh. Di beberapa lokasi berserakan reruntuhan bangunan dan sisa-sisa kamp.

Kota–yang lebih mirip tempat penjagalan raksasa–ini dikelilingi kawat berduri dan beton. Di atas kota ini dulu berdiri tiga kamp konsentrasi. Kamp terbesar luasnya sekitar 138 kali luas lapangan sepak bola, digunakan untuk membantai ribuan tahanan Yahudi. Sementara dua kamp lainnya menjadi tempat kerja paksa.

Rudolf Hoss, komandan Nazi di awal-awal kamp ini berdiri, seusai perang menghitung sedikitnya 3 juta orang dibunuh di Kamp Auschwitz selama periode 1942-1944. Para korban berasal dari sejumlah wilayah yang telah dicaplok Nazi. Mereka diangkut dengan kereta menuju kamp, kemudian berakhir di kamar gas. Hampir 90 persen korban berdarah Yahudi.

Aroma kematian baru lepas dari Auschwitz ketika pasukan Uni Soviet menduduki wilayah itu pada 27 Januari 1945. Momen itu kemudian diperingati dunia sebagai hari holocoust internasional. Dua tahun kemudian Polandia mendirikan meseum dan menjadikan Auschwitz sebagai situs bersejarah. Hingga 2010 sedikitnya 29 juta orang telah berziarah ke sana.

Namun Nazi dan fasisme agaknya belum sepenuhnya habis di Polandia. Ini terungkap setelah program investigatif stasiun televisi BBC menyiarkan film dokumenter berjudul Euro 2012: Stadiums of Hate, Senin lalu. Dalam film berdurasi sekitar 30 menit itu digambarkan bagaimana simbol-simbol Nazi berkibar di beberapa stadion yang akan digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Eropa 2012.

Tak cuma simbol, ribuan pendukung salah satu klub sepak bola di sana juga memberi penghormatan khas Nazi, yaitu dengan merentangkan tangan lurus ke depan sejajar bahu. Mereka juga meneriakkan yel-yel rasisme: “Yahudi pelacur..Yahudi pelacur,” selama pertandingan berlangsung.

“Rasisme adalah sesuatu yang mengerikan. Sangat memalukan isu ini muncul hanya delapan hari sebelum Piala Eropa 2012 dimulai. Saya berharap semua pemain top dari rombongan kami akan berdiri bersama dan melawan setan ini,” kata Ian Wright. “Banyak orang berkulit hitam dan putih mati setelah dianiaya (karena rasisme).”

Rooney dan kawan-kawan akan mengunjungi kamp Auschwitz sebelum mereka menghadapi tim nasional Prancis di Donetsk, Ukraina, 11 Juni 2012. Presiden Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), David Bernstein, menyatakan kebahagiaannya tim nasional Inggris mau berziarah ke Auschwitz. “Saya bangga mereka mendukung inisiatif penting ini,” katanya.

Rasisme sendiri memang masih menjadi persoalan genting dalam sepak bola Inggris. Meski Kick It Out, organisasi anti-rasis di Inggris, telah dibentuk awal 90-an lalu, toh rasisme masih terjadi hingga kini. Kasus rasisme terakhir terjadi Ferbruari lalu. Pelakunya, tak tanggung-tanggung, kapten tim nasional mereka sendiri: John Terry.

FA memang kemudian mencopot ban kapten dari John Terry dan menyematkannya ke Gerard. Namun menghabisi rasisme rasanya tak cukup hanya dengan pemberian sanksi. Dengan berziarah ke Auschwitz, mencium dari dekat aroma kematian yang lahir dari rasisme, seperti kata Ian Wright, “Akan menjadi sesuatu yang tak akan pernah mereka lupakan.”

REUTERS I THESUN I WIKIPEDIA I DW

http://pialaeropa.tempo.co/konten-berita/euro2012_preview/2012/05/31/407441/Timnas-Inggris-Berlatih-Dekat-Kamp-Nazi

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: