Skip to content

Ego Berbulu Cinta

February 10, 2012

Einstein pernah bilang: tak ada yang namanya gelap, yang ada hanyalah ketiadaan tanpa cahaya. Begitu juga dengan cinta. Orang jadi iri, dengki, bahkan dendam, semata karena ketiadaan cinta di hatinya.

Sehingga, boleh jadi, salah kaprah menyebut cinta sebagai penyebab dari kebahagiaan atau duka nestapa. Bukan cinta biang keladinya, melainkan Ego.

Bukan cinta yang membuatmu bahagia ketika perasaanmu bersambut. Bukan pula cinta yang bikin kita sedih saat rasa ini bertepuk sebelah tangan. Keinginan untuk memiliki dan ketakutan akan kehilangan, itu tak lain kerjaan Si…Ego. Pinter!🙂

Sebab cinta tak pernah menuntut kita untuk harus memiliki. Cinta pun tak membuat jiwa kita jadi cengeng sehingga harus takut kehilangan. Sebaliknya, cinta adalah perasaan Ilahiah yang justru membebaskan kita dari segala ikatan itu.

–jeda musik: Aku sering ditikam cinta, pernah dilemparkan badai, tapi aku tetap berdiri–

Karena itu, dalam bait-bait doa para Imam dan syair-syair para sufi, yang terucap dari bibir suci mereka bukanlah ratapan atau kegembiraan, melainkan senandung kerinduan.

Rabiah Al’Adawiyah pada malam yang hening merintih, “Tuhanku, jika aku menyembah-Mu karena takut neraka, bakarlah aku di dalamnya. Dan jika aku menyembah-Mu karena mengharap surga, campakkanlah aku darinya. Aku menyembah demi Engkau semata.”

Inilah yang semata dilahirkan cinta: kerinduan. Keadaan hati untuk selalu ingin dekat dengannya. Tanpa harus memiliki, tanpa harus takut kehilangan. Tanpa rasa rakut juga tanpa keinginan menguasai.

Selamat hari Jumat.

_DW_
10/02/2012

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: