Skip to content

Kalah Sejak Dalam Pikiran

January 14, 2012

“Tak peduli betapapun tinggi gunung yang akan kamu daki, bagian terberatnya adalah saat kamu ingin mengayunkan langkah pertama,” begitu kata Jos. Jos bukan siapa-siapa, hanya  tetangga sebelah yang selalu gagal naik gunung. Satu-satunya gunung yang pernah ia daki hanya Gunung Mas, Puncak – Bogor. Itu pun kalau kebun teh itu bisa disebut gunung.

Tapi bukan bagian mendaki gunung itu yang membuat saya merenung (ucapan keren untuk bengong), melainkan ‘ayunan langkah pertama’. Jujur saja, seperti Jos, saya pun sering gagal pada tahap ini. Banyak ‘gunung’ keinginan yang batal saya daki karena kegagalan saya mengayunkan langkah pertama. Begitu juga dengan anda, kan? Tak perlu mengelak, karena anda tidak sendiri. Setidaknya ada saya dan Jos🙂

Mengayunkan langkah pertama ini nyatanya memang sulit. Ada setumpuk pertanyaan yang sering menjegal sebelum kita benar-benar melangkah, seperti: dari mana harus memulai,  dengan apa mulainya, nanti bagaimana, kalau nggak sesuai rencana gimana..bla..bla..bla.

Pertanyaan-pertanyaan yang kemudian menjelma menjadi rasa takut. Pertanyaan-pertanyaan yang pada akhirnya bikin kita malas melangkah lalu menarik diri lagi ke balik selimut, ke zona nyaman. Zzz..Zzz..

Maka jadilah aku seperti Jos, yang selalu gagal mendaki bukan karena tingginya gunung dan terjalnya tebing, tapi semata karena ‘ayunan langkah pertama’. Aku telah gagal, bahkan sebelum pendakian dimulai. Aku telah kalah sejak dalam pikiran: dikalahkan bayangan ketakutanku sendiri. Hanya bayangan, tapi nyata menggagalkan.

Memalukan.

No comments yet

Leave a Reply

