Skip to content

Antara Nasrudin dan Nazarudin

August 23, 2011

Antara Nasrudin dan Nazarudin ada jarak yang begitu jauh. Mungkin seabad atau bahkan lebih. Tapi diantara keduanya ada benang penghubung yang unik: sama-sama pikun.

Nasrudin, biasa dipanggil Syaihk Hoja, suatu hari di awal tahun ditanya sahabatnya. “Tahun ini usiamu berapa, syaikh?”
“Tentu saja, 40 tahun,” sahut Nasrudin.
Di awal tahun berikutnya, sahabat itu kembali lagi ke rumah Nasrudin. Ia mengajukan pertanyaan serupa, “Kalau tahun ini umurmu berapa?”
“40 tahun, tentu saja,” sahut Nasrudin lagi.
Sahabat itu tertawa. “Kamu telah pikun,” katanya menuding Nasrudin. “Kalau tahun lalu umurmu 40 tahun, tahun ini mestinya 41 tahun.”
Tapi nasrudin cepat menangkis, “Saya hanya berusaha menjawab dengan konsisten.”

Berabad kemudian, dari -entah dimana- Nazarudin menuding banyak orang demokrat ikut berkongsi dengan dirinya menilap duit pembangunan wisma atlet Sea Games. Ada Anas, Anggie, dan Wayan, dan lainnya. Tapi begitu ditangkap, Nazarudin mendadak bungkam. Ia mengaku lupa. Tiba-tiba pikun.

Keduanya, Nasrudin dan Nazarudin, sama-sama pikun; yang satu pikun dengan usianya, satunya lagi (mendadak) pikun dengan kelakuannya. Bedanya, Nasrudin konsisten dengan kata-katanya, Nazarudin justru menghianati ucapannya sendiri. Sejatinya sikap menghianati kata-kata sendiri ini lebih jahat dari korupsi.

Juga lebih parah dari iblis. Sebab sejahat-jahatnya iblis, ia konsisten dengan kata-katanya. Sebelum diturunkan dari surga, iblis bersumpah akan mengganggu manusia sampai kiamat, sampai anak cucu turunan Adam tersesat ke neraka bersamanya. Dan sampai detik ini, iblis tak pernah pura-pura pikun, tetap konsisten menyesatkan manusia. Jadi sejahat-jahatnya orang jahat adalah orang yang menghianati mulutnya sendiri.

Kalau kata pepatah Cina: “Sekali kata terucap, empat ekor kuda tak akan bisa menariknya lagi!”

23 Agustus 2011

_dw_

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: